Senin, 17 Juli 2023

AMALAN-AMALAN DI BULAN MUHARRA

Oleh: Nuzuli Rohmatil Ulya



Rabu, 19 Juli 2023, ditetapkan sebagai tahun baru Hijriah, 1445. Peringatan tahun baru hijriyah bukan hanya sebagai euphoria bagi umat muslim, akan tetapi menjadi jembatan bagi kaum muslim untuk beri’tibar, yaitu mengambil pelajaran yang sudah terjadi di tahun sebelumnya. Memperbaiki yang buruk, dan mempertahankan kebaikan yang sudah ada.

Selain itu, Banyaknya keutamaan-keutamaan dan amalan-amalan yang bisa dilakukan umat Islam untuk menambah keimanan dan ketaqwaan yang semata-mata untuk Allah SWT.

Sebagian ulama mengawetkan amalan-amalan bulan Muharram dalam bentuk nadzam, sebagaimana yang dilakukan Syekh Abdul Hamid dalam kitabnya Kanzun Naja was Surur fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur. Amalan tersebut meliputi:

1.      Melakukan Shalat Sunnah

2.      Melaksanakan Puasa Sunnah

3.      Menyambung Silaturrahim

4.      Bersedekah

5.      Memakai Celak Mata

6.      Berziarah Kepada Ulama (baik yang masih hidup atau sudah mati)

7.      Menjenguk Orang Sakit

8.      Menambah Nafkah Keluarga

9.      Memotong Kuku

10.  Mengusap Kepala Anak Yatim

11.  Membaca Surah al-Ikhlas sebanyak 1000x

Dari banyaknya amalan yang disebutkan, amalan paling utama dilakukan adalah berpuasa. Sebagaimana dikutip oleh Syekh Jalaluddin As-Suyuthi, pendapat dari Imam Al-Qurthubi yang menjelaskan bahwa kelebihan melakukan puasa di bulan Muharram dibandingkan dengan puasa-puasa di bulan lain yaitu bahwa puasa Muharram lebih utama dikarenakan terdapat di awal tahun hijriah. Alangkah baiknya mengawali tahun baru dengan berpuasa, sebab puasa termasuk amalan paling utama dalam Islam.

Dalam Riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah RA. Yang disyarahkan oleh Syekh Jalaluddin As-Suyuthi, berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Artinya: “Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW. bersabda, Puasa paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan allah, bulan Muharram,” (HR. Muslim). Wallahua’lam.

Semoga di tahun baru Hijriah (1445 H) ini, menjadikan kita semua (umat Muslim)  semakin dekat dengan Allah SWT. diberikan keberkahan dan kekuatan iman dalam beribadah kepada-Nya, mampu merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebakan baik dalam beragama, berpikir, maupun dalam bertindak.

 

         

BULAN RAJAB

  Oleh: Nuzuli Rohmatil Ulya Bulan Rajab merupakan salah satu bulan dalam hijriah. Bulan ini juga menjadi salah satu bulan yang dimuliakan...