Jumat, 21 Juli 2023

14 KISAH ISTIMEWA DI BULAN MUHARRAM

Oleh: Nuzuli Rohmatil Ulya



sumber: https://id.pinterest.com/pin/6192518230181235/
            
Khalifah Umar bin Khattab menjadi khalifah yang menentukan cikal bakal adanya tahun hijriah dan menentukan bulan Muharram sebagai awal bulan qomariyyah. Selain itu, banyak peristiwa-peristiwa terdahulu yang dialami oleh para nabi yang diyakini terjadi pada  bulan Muharram.
            Terdapat beberapa peristiwa penting yang dalam sejarah umat manusia pada bulan muharram. Dalam kitab klasik, Kitab I’anah at-Thalibin merangkum beberapa peristiwa bersejarah tersebut, diantaranya yaitu:
  1. Allah SWT menciptakan nabi Adam a.s pada hari itu, dan begitupun Allah SWT mengampuni nabi Adam a.s dari kesalahannya memakan buah terlarang.
  2. Peristiwa nabi Ibrahim a.s yang selamat dari panas api yang membakarnya hidup-hidup, pada zaman raja Namrud.
  3. Nabi Nuh a.s terselamatkan dari banjir bandang yang disebabkan oleh kaumnya karena menyembah berhala dan membangkang ajaran nabi Nuh a.s.
  4. Nabi Idris a.s diangkat ke tempat yang tinggi.
  5. Diturunkannya kitab Taurat kepada nabi Musa a.s
  6. Peristiwa nabi Yusuf a.s dikeluarkan dari penjara sebab fitnah Zulaikha.
  7. Allah SWT memberikan kesembuhan kepada nabi Ya’qub dari kebutaan, melalui wasilah pakaian nabi Yusuf a.s.
  8. Allah SWT juga memberikan kesembutan kepada nabi Ayyub a.s dari sakit kulit yang dideritanya.
  9. Nabi Yunus a.s dikeluarkan dari dalam perut ikan Nun selama 40 hari.
  10. Peristiwa nabi Musa a.s membelah lautan untuk Bani Israil yang ingin melarikan diri dari penindasan raja Fir’aun dari Mesir yang sangat kejam.
  11. Allah SWT mengampuni nabi Dawud a.s atas kesalahannya.
  12. Nabi Sulaiman a.s diberikan kekuasaan berupa kerajaan yang megah
  13. Peristiwa diangkatnya nabi Isa a.s setelah dikepung bangsa Romawi
  14. Diampuninya kesalahan yang telah lewat dan yang akan datang dari Nabi Muhammad SAW.
        Dari peristiwa di atas, menjadi tanda bahwa bulan Muharram menjadi salah satu bulan yang dimuliakan dan istimewa diantara empat bulan haram dalam Islam. Peristiwa di atas juga menjadi renungan bagi kita, kisah tersebut diatas menyatakan kepada pembebasan dari marabahaya atau ketertindasan. Sehingga pada bulan ini (Muharram, Red) layak menjadi bulan kemerdekaan umat muslim.

Senin, 17 Juli 2023

AMALAN-AMALAN DI BULAN MUHARRA

Oleh: Nuzuli Rohmatil Ulya



Rabu, 19 Juli 2023, ditetapkan sebagai tahun baru Hijriah, 1445. Peringatan tahun baru hijriyah bukan hanya sebagai euphoria bagi umat muslim, akan tetapi menjadi jembatan bagi kaum muslim untuk beri’tibar, yaitu mengambil pelajaran yang sudah terjadi di tahun sebelumnya. Memperbaiki yang buruk, dan mempertahankan kebaikan yang sudah ada.

Selain itu, Banyaknya keutamaan-keutamaan dan amalan-amalan yang bisa dilakukan umat Islam untuk menambah keimanan dan ketaqwaan yang semata-mata untuk Allah SWT.

Sebagian ulama mengawetkan amalan-amalan bulan Muharram dalam bentuk nadzam, sebagaimana yang dilakukan Syekh Abdul Hamid dalam kitabnya Kanzun Naja was Surur fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur. Amalan tersebut meliputi:

1.      Melakukan Shalat Sunnah

2.      Melaksanakan Puasa Sunnah

3.      Menyambung Silaturrahim

4.      Bersedekah

5.      Memakai Celak Mata

6.      Berziarah Kepada Ulama (baik yang masih hidup atau sudah mati)

7.      Menjenguk Orang Sakit

8.      Menambah Nafkah Keluarga

9.      Memotong Kuku

10.  Mengusap Kepala Anak Yatim

11.  Membaca Surah al-Ikhlas sebanyak 1000x

Dari banyaknya amalan yang disebutkan, amalan paling utama dilakukan adalah berpuasa. Sebagaimana dikutip oleh Syekh Jalaluddin As-Suyuthi, pendapat dari Imam Al-Qurthubi yang menjelaskan bahwa kelebihan melakukan puasa di bulan Muharram dibandingkan dengan puasa-puasa di bulan lain yaitu bahwa puasa Muharram lebih utama dikarenakan terdapat di awal tahun hijriah. Alangkah baiknya mengawali tahun baru dengan berpuasa, sebab puasa termasuk amalan paling utama dalam Islam.

Dalam Riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah RA. Yang disyarahkan oleh Syekh Jalaluddin As-Suyuthi, berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Artinya: “Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW. bersabda, Puasa paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan allah, bulan Muharram,” (HR. Muslim). Wallahua’lam.

Semoga di tahun baru Hijriah (1445 H) ini, menjadikan kita semua (umat Muslim)  semakin dekat dengan Allah SWT. diberikan keberkahan dan kekuatan iman dalam beribadah kepada-Nya, mampu merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebakan baik dalam beragama, berpikir, maupun dalam bertindak.

 

         

BULAN RAJAB

  Oleh: Nuzuli Rohmatil Ulya Bulan Rajab merupakan salah satu bulan dalam hijriah. Bulan ini juga menjadi salah satu bulan yang dimuliakan...