Minggu, 22 Agustus 2021

IKAMARU KOMISARIAT UIN WALISONGO SEMARANG GELAR WEBINAR KESEHATAN

        Oleh : Althaf Hakim-Tim Kepenulisan Ikawa20

 IKAMARU (Ikatan Alumni Madrasah Raudlatul Ulum) Komisariat UIN Walisongo Semarang mengadakan Webinar Kesehatan melalui platform zoom pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021. Webinar tersebut mengusung tema “Vaksin dan Ikhtiar Menjaga Kesehatan Diri Keluarga dan Negara”.

Webinar tersebut dimoderatori oleh Siti Nur Aini dari IKAMARU UIN Walisongo angkatan 2019, Turut dalam acara Pembina Yayasan Raudlatul Ulum Drs. KH. M. Najib Suyuthi, M.Ag sebagai keynote speker, dan dua narasumber, yaitu Direktur Rumah Sakit As-Suyuthiyyah (RSA) Pati, dr. Aria Dewanggana, dan Dokter Rumah Sakit As Suyuthiyah, dr. H. Hidayat, Sp.PD.

Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum, Drs. KH. M. Najib Suyuthi, M.Ag. menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan atau dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah thoun, dalam menghadapi pandemi ini dimulai dari diri kita sendiri dan lingkungan di sekitar kita.


Sambutan dari Mbah Yai

 

“Dalam menghadapi corona ini, kita harus tangguh, sabar, komitmen, dan sungguh-sungguh, jangan mengeluh, jangan bersedih, dan terus berusaha untuk menuju kesehatan. Caranya dengan menjalankan program dari pemerintah mulai dari 3 M dan 5 M”, ungkap beliau Mbah Yai.Beliau pun menjelaskan secara panjang lebar tentang penjelasan wabah thoun dengan mengutip kitab-kitab turats yang dikaitkan dengan pandemi COVID-19. Intinya harus selalu mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi himbauan dari Pemerintah.

dr. Aria Dewanggana sebagai narasumber pertama menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan.Pada saat webinar, beliau menjelaskan tentang upaya pengendalian COVID-19 yaitu dengan 3T (testing, tracing, dan treatment), juga dengan 3M, dan sekarang bertambah menjadi 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjahui kerumunan, dan mengurangi mobilitas), mendatangkan vaksin, dan menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Narasumber menyampaikan materi

        Kemudian pemateri selanjutnya yaitu dr. Hidayat, Sp.PD, menjelaskan seputar macam-macam vaksin di Indonesia. Ia lebih menjelaskan tentang kegunaan vaksin menurut jenisnya, fungsi kerja vaksin, dan syarat-syarat orang yang dapat menerima vaksin.“Memang pemberian vaksin ini sangat bermanfaat bagi kita. Untuk itu, sebagai bentuk ikhtiyar kita, wajib bagi kita untuk mengikuti vaksin agar terhindar dari virus COVID-19”, ujar beliau.
Ketua Umum memberikan sambutan
Kunjungi juga : Dokumentasi Webinar Kesehatan

        Webinar yang digelar di platform Zoom tersebut turut dihadiri peserta dari seluruh penjuru negeri. Ketua umum IKAMARU Walisongo,Mohammad Hendrik menyampaikan bahwa ,acara ini sebagai ikhtiar pengabdian ke masyarakat dari IKAMARU Walisongo untuk mengedukasi betapa pentingnya vaksin dalam masa pandemi ini ,sekaligus menjadi eksistensi Rumah Sakit Assuyuthiyyah yang tidak pernah lelah dalam melayani masyarakat.Akhir kata dia menyampaikan terima kasih untuk seluruh peserta dan yang terlibat dalam webinar ini.

Red: Althaf_Haer

BULAN RAJAB

  Oleh: Nuzuli Rohmatil Ulya Bulan Rajab merupakan salah satu bulan dalam hijriah. Bulan ini juga menjadi salah satu bulan yang dimuliakan...