Jumat, 09 Juli 2021

Memuliakan Ramadhan : Berbagi dalam Bakti Sosial Ikamaru Walisongo

Islam adalah agama kasih sayang,sesuai dengan khittah yang menandai kemunculannya. Sesuai Risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW Agama Islam hadir sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin(rahmat seluruh alam) yang merubah tatanan jahiliyah masyarakat Arab sebelumnya.

Sebagai umat Islam tentunya kita sedikit banyak memahami tentang Rahmatan Lil ‘Alamin , mungkin sampai saat ini senantiasa terpatri dalam hati dan kita mengamalkannya. Berbagai sudut pandang ibadah yang didalamnya secara langsung berelasi dengan kasih sayang nampaknya perlu kita lakukan sebagai umat Kanjeng Nabi . Ibadah bisa diklasifikasikan dalam wajib dan sunnah. Apalagi kaitannya dengan hubungan kita sesama manusia ,maka semakin mulia ibadah tersebut. Nah, seperti halnya menyantuni anak yatim menjadi kesempatan yang baik sebagai kegiatan beramal sekaligus beribadah.

Dalam kesempatan Ramadhan yang mulia kali Ikamaru Walisongo mengadakan santunan yatim-piatu melalui acara Bakti Sosial dengan tema “Ikhlas Berbagi ,Raih Ramadhan yang Hakiki”. Acara diberlangsungkan pada tanggal 30 April-1 Mei 2021 dengan rangkaian acara ;open donasi,lomba Islami untuk anak anak dan buka bersama serta santunan yatim piatu.

Sesuai dengan tema kegiatan,Ikamaru Walisongo mengajak berpartisipasi khalayak luas untuk meneguhkan ajaran Rahmatan Lil ‘Alamiin dan mengingatkan kembali kesadaran menyantuni anak yatim-piatu,acara diawali dengan open donasi sekaligus membuka kesempatan bagi orang-orang yang ingin bersedekah .

Penampilan akustik sebagai ikhtiar donasi dari personil kesenian diadakan pada hari Jum’at(30/4)di area Lapangan BSB Jatisari kemudian dilanjutkan Puncak acara yang dilaksanakan di Panti Asuhan dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Bustanul Akhyar Jatisari pada hari Sabtu(01/4)

Seorang anak sedang mengikuti lomba praktek sholat

Manual acara lomba islami untuk anak-anak kali ini meliputi ;lomba adzan,praktek sholat dan hafalan do’a sehari-hari. Animo anak-anak yang partisipatif ikut memeriahkan agenda ini yang mana dengan tujuan mengingatkan amaliah ibadah yang telah diajarkan di bilik kelas TPQ dan melatih mental mereka sejak dini sebelum mereka terjun ke masyarakat suatu saat nanti.

Saat kami konfirmasi kepada ketua panitia acara,menyebutkan bahwa acara ini diikuti kurang lebihnya 60 anak-anak dari panti asuhan dan TPQ. “Alhamdulillah acara ini dapat terlaksana dengan maksimal dan suatu kesempatan berharga kita dapat berbagi dalam bulan suci Ramadhan ini.Tentunya suatu kehormatan dan ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya untuk para donatur atas sebagian uang atau barang-barang yang telah didonasikan lewat acara kami,semoga berkah menyertai panjenengan semua”,imbuh Ramadhan sewaktu acara puncak.

Lihat : dokumentasi acara https://www.instagram.com/p/COWq4E8hsfl/?utm_

“Acara ini sejak awal kami konsep dengan tujuan membangun eksistensi dan kontribusi Ikamaru Walisongo sendiri di masyarakat .Selain itu kita ingin ngrumat dawuh kiyai dan para asatidz kita yang telah mengajarkan bagaimana kewajiban dan tuntutan kita dalam ber-mu’asyarah sesama makhluk hidup”,ucap Mohammad Hendrik Syaefullah penanggung jawab acara sekaligus Ketua Ikamaru Walisongo.

Besar harapan semoga acara bakti sosial seperti ini dapat dilestarikan ditahun-tahun kedepannya supaya semakin terjalin ukhuwah dengan masyarakat sekaligus mengamalkan Rahmatan Lil ‘Alamin.

“Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman Ikamaru Walisongo,semoga nantinya acara ini sebagai awal dari silaturahmi kita dan tidak hanya untuk saat ini ,bahkan kelak hingga kita bertemu di Surga-Nya Gusti Allah nanti.Amiien”,tutur Ustadz Nur Zamil Pengasuh Panti Asuhan Bustanul Akhyar.

Ditulis 03.23;02 Mei 2021

BULAN RAJAB

  Oleh: Nuzuli Rohmatil Ulya Bulan Rajab merupakan salah satu bulan dalam hijriah. Bulan ini juga menjadi salah satu bulan yang dimuliakan...